September 28, 2010

kenapa harus ASI..????




Pada suatu saat saya bertanya….
Pada siapa saya harus bertanya ketika nak saya sakit…
Kenapa sih anak saya tiap bulan sakit…???
Batuk, pilek….???
Apakah harus ke dokter..???
Apakah dokter “benar” memberikan obat2an ke anak saya….???
Punya pengalaman gak sih…???
Aku new bie nih jadi orang tua…..
Lingkungan di sekitar Cuma bisa menjawab…
Kalo kata si A sih begini…
Kalo kata si B sih begitu..
Mitosnya sih begini…
Kalo kata eyang ku sih… begitu…..

Itulah salah satu pertanyaan 2 yang timbul saat anak sakit….
Untunglah browsing2… ketemu milis sehat…
Join…
Cari lebih banyak informasi tentang kesehatan anak dan ASI.



Kenapa ASI???



Untuk anak pertama…. Bisa di istilahkan masih “bego”, gak pinter lah….
Karena kurangnya informasi, dan kurangnya dukungan sekitar untuk memberikan ASI ( orang sekitar juga minim info ASI ).

Anak pertama di mulai dengan kehamilan yang sangat mendadak ( tidak di rencanakan) – minimnya informasi tentang kehamilan dan setelah kehamilan yang menyebabkan gagalnya ASIx 6 bulan.
Aku menyusui optimal hanya 3 bulan, setelah itu ( masuk kerja ) aku combain dengan sufor… dan lama kelamaan hanya sufor…
Pemberian MPASI dini ( 4 bulan )

Gak mau mengulang kesalahan, aku mulai belajar mengenai ASI dan macam2nya. Dan hasilnya, aku sukses ASI ( anak ke dua ). Dan sekarang anak kedua ku 1 tahun 4 bulan.

Disini sekarang aku mo sharing tentang ASI dan macam2nya…


Kunci sukses menyusui = mulai dengan benar

ASIX = asi exclusive = pemberian ASI tanpa tambahan apapun ( sufor, air putih, madu, tajin, makanan, dll ) sampai 6 bulan



kenapa harus ASI…????



Pada Bayi :

1. ASI merupakan bentuk perlindungan kepada bayi- melindungi kesehatannya.
2. ASI, Makanan terbaik dengan kandungan mikro nutrisi yang optimal dam mikro nutisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi
3. ASI di buat sesuai dengan kebutuhan bayi = berubah2 tiap harinya, juga berubah-ubah tiap saat menyusui = tidak pernah sama kandungannya = kandungan ASI berubah sejalan dengan pertumbuhan dan perubahan bayi.
4. ASI, makanan alami, terserap dengan baik, lebih mudah di cerna = jumlah proten dalam ASI lebih sedikit daripada sufor. Lemak dalam ASI juga lebih mudah di cerna oleh bayi.
5. ASI merupakan komposisi yang sempurna untuk kebutuhan bayi
6. ASI memiliki zat anti infeksi, infeksi saluran nafas bagian bawah, ISK, infeksi telinga.
7. ASI, sangat aman untuk bayi, karena ASI di produksi oleh PD bisa di pastikan tidak akan tercemari atau rusak atau di buat salah tidak sama dengan sufor
8. ASI, baik untuk system pencernaan bayi
• ASI dapat menghancurkan organisme penyebab diare
• ASI dapat mendukung pertumbuhan flora yang bermanfaat dalam saluran cerna bayi
9. ASI, tidak menyebabkan obesitas, hal ini berkaitan dengan kadar kolestrol yang rendah ketika dewasa
10. ASI, mendukung pertumbuhan otak, karena ASI mengandung DHA ( asam lemak pembangun otak
11. Mencegah alergi
12. ASi, mengoptimalkan perkembangan mulut bayi. Karena menyusu pada PD ibu membutuhkan usaha, sehingga memmbantu bayi dalam perkembangan rahang, gigi, dan langit2.


Pada Ibu :

1. Mudah, tidak perlu perencanaan atau pengemasan, sewaktu2, lagsung tersedia bila bayi mau.
2. Ekonomis, menghemat banyak biaya
3. mempercepat pemulihan kondisi ibu pada kondisi semula ( penyusutan rahim, pembuangan lemak , dll )
4. Mengurangi resiko berbagai penyakit bagi ibu ( kanker PD, kanker rahim, dll)
5. Mendekatkan Ibu dengan anak ( bonding )


Susu Formula = makanan buatan, tidak dapat di serap dengan baik, komposisi berlebihan, tidak dapat menyesuaikan kebutuhan bayi.

dirangkum dari berbagai sumber

Yayan

To Be Continue ya....

No comments: