July 30, 2008

in memory - pendakian slamet




baru ngobrol-ngobrol sama teman kantor....
"Yan, gue minggu depan mo cuti nih.....", "mo kemana lo??", "mo ke slamet....."
deg.....
aduh.... gue kangen banget deh mo naik gunung.......
trus gue bilang sama dia.....
slamet itu medannya berat juga lho....secara diakan gunung ke dua tertinggi di pulau jawa ini....
lagian lho juga mesti safety kalo kesana....
"gue rencananya mo bawa day pack aja sih....." temen gue bilang......
Jangan..... lo musti safety.....
setahu gue ( secara gue naik tahun 1997 ) - waktu masih ABG, slamet tuh susah dapetin airnya,
secara....,waktu gue kesana tuh musim hujan, gue naik sampai turun tuh kehujanan apalagi di puncak.....badai boo.....
makanya sedapat mungkin lo tuh mesti safety....
bawa perlengkapan yang memeng lo butuhkan disana....
mending bawa perlengkapan yang agak banyak ( cukup, alis berat ) tapi safety, dari pada lo bawa perlengkapan yang ringan tapi sampai sana lo kekurangan....
kalo gue belajar manajemen perjalan pendakian....
kalo mo mendaki kira2 3-4 hari.... ya lo mesti bawa perlengkapan untuk seminggu.....kita kan gak tau ya.....kondisi alam seperti apa....unpredictable lah.....
trus gue cerita sama dia......



waktu gue ndaki ke slamet waktu 1997 itu kondisinya musim hujan, waktu itu habis lebaran....gue bilang kenyokap juga gak mo naik, cuma mo ke bogor, nginep rumah temen, secara nyokap gak bakal ngijinin deh.....



kita ber...berapa ya...???? kira2 10-12 an orang deh....ini adalah jam terbang pertama kita angkatan 8 Sakuntala, yang sebelumnya melakukan diklatsar yang cukup parah ( menurut gue ) - lokasi sekitaran gunnung salak - cidahu - kawah ratu, kira2 7 harian yang gak pernah nemu matahari dari hari pertama diklatsar sampai pelantikan. tapi membuat kita cukup mempunyai bekal mental dan fisik untuk pendakian selanjutnya.



kita naik bis dari p gadung - Sinar Jaya.....wah...bis yang hebat ( secara bisnya gak pake rem ).....kosong ( secara abis lebaran ), sampai desa bangbangan ( desa terakhir menuju pendakian )
setelah checking peralatan dan makanan, langsung aja cabut....walau udah jam empat/lima sorean.....hujan....wah....ini sambutan yang biasa ( karena diklatsar yang gak pernah nemu matahari ), tetap jalan walau hujan...... tapi payah juga ya...... hujan deres banget sedang kan waktu sudah menuju gelap ( memang direncanakan untuk mengadakan pendakian malam )..... jalan terusss......
tapi ada yang celaka tenyata, salah satu dari temen kakinya terkilir..... makanya kita tidak melanjutkan perjalanan....ayo...ayo....cari tempat ngecamp........
nemu tempat ngecamp....istirahat untu perjalanan panjang besok pagi....

besok paginya setelah...bla...bla...makan, checking peralatan, lanjut lagi...
oh iya... perjalanan keslamet ini kita harus bawa air dari bawah lho ( desa bangbangan ), soalnya kita akan ketemu air lagi di samarantu.....

samarantu......
lokasi ini terkenal angker lho....
kebanyakan pendaki, kalau mo ngecamp sebelum atau sesudah pos ini....
kalo gue sih dulu gak tau beginian...jadi lanjut aja....

masih dalam balutan hujan....kita ngecamp sebelum puncak....
pagi hari atau tepatnya dini hari kita sudah berjalan menuju sunrise puncak slamet......apa daya......
hujan dan badai menghalangi kami....walau 5- 10 menit lagi menuju puncak....
kami akhirnya memutuskan untuk kembali ke base camp.


masih betah disana.... ( alias nunggu hujan ) kami enggan turun kami memutuskan untuk muncak lagi esok hari ( secara penasaran )
menghabiskan waktu dengan masak, makan, tidur.masak lagi,makan,trus tidur lagi.....sampai bisa ngafalin album the bestnya MLTR......
niat cuma niat......badai masih merajai puncak....akhirnya kami turun keesokan harinya....

sampai desa bangbangan.....
melihat puncak dari bawah......
subhanallah......
aku sudah hampir sampai sana......
aku akan mendaki dan mendaki lagi untuk membuktikan kebesaran Mu.........
Allahhu Akbar......


ada yang tertinggal disana...
jiwa, raga, kenangan....

jangan ambil apapun darisana
jangan tinggalkan apapun disana
biarkan dia tetap dia
biarkan dia tetap lestari...


Yayan

No comments: