May 9, 2008

Save our environment!!! Save our children!!

Save our environment!!! Save our children!!

  • Gas rumah kaca adalah sekelompok gas yang berada di atmosfer dan menyebabkan panas yang timbuldari permukaan bumi kembali dipancarkan ke permukaan bumi. Gas-gas ini “memerangkap” panas dalam permukaan bumi.
  • Salah satu penumbang terbesar adalah karbon dioksida yang berasal dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas.
  • Apakah kita turut menymbang? Ya..kita turut menyumbang dengan aktivitas kita mulai dari aktivitas sehari-hari (pemakaian listrik di rumah, pemakaian kendaraan bermotor-konsumsi minyak bumi).

· Dari hasil laporan WHO dikatakan peningkatan suhu permukaan bumi juga diikuti oleh peningkatan permukaan laut. Yang mengakibatkan peningkatan risiko terjadinya banjir.

· Peningkatan suhu permukaan bumi juga mempengaruhi curah hujan. Peningkatan curah hujan juga meningkatkan kemungkinan terjadinya banjir.

· Dalam terjadinya penyakit, pemanasan global juga mempengaruhi perkembangan mikroba. Salah satu contohnya dalam daerah sekitar laut, dikatakan peningkatan suhu permukaan laut menyebabkan peningkatan populasi dari fitoplankton, makanan bagi zooplankton. Ternyata bakteri colera menempel pada zooplankton. Dengan peningkatan makanan bagi zooplankton maka populasi zooplankton akan meningkat, dan akibatnya meningkatkan populasi dan risiko terjadinya penyakit kolera. Interaksi antara hewan perantara penyakit dan manusia pun meningkat.

· Dengan adanya banjir maka sampah-sampah atau limbah terbawa ke lingkungan manusia, hewan-hewan pengerat pun kehilangan tempat tinggal dan merekan mencari tempat aman yaitu ke pemukiman manusia, hal ini meningkatkan kemungkinan kontak antara manusia dengan hewan pengerat sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit yang diperantarai hewan pengerat

· Anak-anak merupakan kelompok masyarakat yang rentan terhadap penyakit. Mengapa begitu karena proses tumbuh kembang fisik, psikologis yang masih dalam perkembangan maka mereka rentan terhadap efek-efek dari bahaya lingkungan. Efek langsung berupa peningkatan temperatur, peningkatan zat-zat polusi mempengaruhi kesehatan mereka (asma dan alergi).

· Bila terjadi bencana akibat banjir maka anak-anak pun menjadi kelompok yang paling menderita.

· Mereka rentan terhadap penyakit seperti diare, mereka rentan terhadap stres, apalgi bila kehilangan tempat tinggal, sekolah atau keluarga. Pengungsian akan membuat mereka semakin rentan tertular penyakit karena padatnya orang dalam pengungsian.

· Sadar atau tidak kita turut menyumbang kepada pemanasan global. Gas rumah kaca seperti karbon diopksida merupakan hasil pembakaran dari bahan bakar foisl (gas alam, minyak bumi, batu bara). Kendaraan bermotor yang kita gunakan menggunakan bahan bakar fosil, semakin banyak konsumsi bahan bakar maka akan semakin banyak gas karbon dioksida yang terbuang. Pepohonan sebagai pengisap karbon dioksida sekarang semakin berkurang. Kertas yang kita gunakan berasal dari pepohonan, maka dengan pemakaian kertas daur ulang akan mengurangi jumlah pohon bagi konsumsi kertas.

· Hematlah energi dengan mengurangi komsumsi listrik, dengan mengganti bolam listrik dengan lampu yang hemat energi. Jangan standby-kan alat lisrtik anda karena menghabiskan listrik, dan masih banyak lagi..

· Perubahan yang kita lakukan akan menyelamatkan kita dan generasi penerus kita, anak-anak kita dan bumi kita.

ini didapat dari www.sehatgroup.web.id

No comments: